Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang.
- Tiap-tiap kelompok mendapat tugas mencari informasi berdasarkan pembagian tugas dari guru ( misal : latar cerita, tokoh cerita, watak tokoh, pesan/amanat, dsb).
- Setiap kelompok belajar mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan.
- Setelah selesai, maka seluruh siswa berkumpul saling membaur (tidak berdasarkan kelompok).
- Separuh kelas lalu berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
- Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam.
- Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
- Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruh siswa selesai berbagi informasi.
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran. akuntansi kelas x smkn 1 kota jambi
ml.scribd.com/doc/83157786/Pengaruh-
PROPOSAL PENELITIAN
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS:Ekeperimen di UIN Alauddin Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar